News Detail

Keutamaan Hari Asy Syura

Keutamaan Hari Asy Syura

Dalam bulan Muharram ada salah satu hari yang dimuliakan oleh Allah, yaitu hari ke-10 dari bulan Muharram yang sering kita kenal dengan nama Asy-Syura.

Rasulullah Muhammad SAW menganjurkan berpuasa kepada kita Ummatnya, dan puasa di hari itu memiliki martabat pahala di bawah pahala puasa Ramadhan. Dalam sebuah hadits dikatakan bahwa pahala puasa Asy-Syura menghapus dosa setahun yang telah lampau.

Jika menilik dari sejarah, ada banyak kejadian luar biasa di tanggal 10 Muharram ini. Penciptaan Nabi Adam as, dimasukannya Nabi Adam as ke dalam Syurga, diterima taubatnya nabi Adam as setelah sekian tahun memohon ampunan pada Allah SWT setelah Beliau memakan buah terlararang itu. Semua terjadi di hari Asy-Syura. Selain itu, kejadian selamatnya Nabi Nuh as dan ummatnya dari badai dasyat, selamat dan kemenangan Nabi Musa as dari Fir’aun, selamatnya Nabi Ibrahim as dari kobaran Api raja Namruz, sembuhnya nabi Ayyub as dari penyakit dan keluarnya Nabi Yunus dari ikan Dzu Nuun dan masih banyak hal besar lainnya terjadi di hari Asy-Syura. Maka layaklah ummat manusia, dari sebelum datangnya Islam sudah memuliakan hari itu, sehingga Rasulpun menganjurkan kepada Ummatnya untuk mengisi berbagai kebaikan di hari asy-Syura itu.

 Oleh karenanya, Asy-Syura adalah momentum bagi kita untuk belajar tentang kebaikan, bahwa Allah Maha Kuasa untuk berbuat apa saja pada Makhluknya, kebaikan pasti akan menang, walaupun kadang tidak masuk logika. Berbuat baik dengan berpuasa, bersedekah, bersilaturahmi, menyayangi saudara dan kaum lemah, lebih-lebih anak yatim, hal itu bisa menjadi wasilah kebaikan dalam hidup kita. Kebaikan dalam rizki, kebaikan dalam kesehatan dan kebaikan dalam ketenangan dan kebersihan hati kita, sehingga kita menjadi pribadi-pribadi yang mampu memberi manfaat, barokah dan pada akhirnya mendapatkan husnul Khatimah. Amiin YRA.

Sabilina, 10 Muharram 1444H

08 Agustus 2022

Khoerudin, S.H.I

 

Komentar


Tinggalkan Komentar Anda

Email anda tidak akan dipublikasikan. Email aktif tetap wajib diisi