News Detail

BULAN BAHASA DI SD SABILINA

 

BULAN BAHASA DI SD SABILINA

Bulan Oktober dipilih sebagai bulan bahasa dan sastra merujuk pada sejarah bangsa Indonesia. Pada bulan Oktober ini, tepatnya 28 Oktober yang diperingati sebagai Hari Sumpah pemuda, ditetapkan pula bahasa resmi yang akan digunakan untuk bermasyarakat, yakni bahasa Indonesia. Dimana terdapat kutipan dalam ikrar sumpah pemuda yang bertuliskan “Kami Putra Putri Indonesia Menjunjung Bahasa Persatuan Bahasa Indonesia”.

Bangsa Indonesia terbentuk dari beragam suku dan bahasa, sehingga memiliki keragaman membuat kita menjadi lebih paham mengenai arti dari persatuan. Bahasa Indonesia ini diciptakan untuk memelihara persatuan, menghubungkan setiap suku untuk dapat berkomunikasi dengan suku lain menggunakan bahasa yang sama, yaitu bahasa Indonesia.

Peringatan bulan bahasa dan sastra Indonesia belum banyak di ketahui oleh sebagian masyarakat Indonesia, oleh karna itu SD Sabilina memperingati bulan bahasa untuk memperkenalkan kepada siswa/siswi akan pentingnya penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu.

Rangkaian kegiatan pada bulan bahasa disisi dengan beragam acara seperti:

  1.       .  Drama dari perwakilan bapak ibu guru
  2.          Sosialisasi lombaNobar sejarah bahasa Indonesia
  3.          Penampilan Dongeng dari kelas 3 yang diwakili oleh ananda Adzkia
  4.          Penampilan Pantun dari kelas 6 yang diwakili oleh ananda Hafidz dan Hamzah
  5.           Penampilan Puisi dari kelas 6 yang diwakili oleh ananda Nilmar
  6.           Pengumuman lomba
  7.           Pameran karya siswa/siswi

Untuk pembukaan kegiatan, acara pertama yang di tampilkan adalah drama dari para guru dengan tema “pentingnya bahasa Indonesia di antara bermacam ragam bahasa”, bertujuan untuk menyatukan pemahaman didalam banyaknya bahasa daerah/budaya yang terdapat di bangsa Indonesia agar mereka saling memahami dan mengerti supaya tidak terjadi kesalah pahaman tentang bahasa. Oleh sebab  itu, bahasa Indonesia sangat lah penting untuk di pelajari bagi masyarakat Indonesia.

Untuk kegiatan yang kedua ialah sosialisasi lomba, dimana para siswa siswi mengikuti lomba yang telah di tentukan oleh para guru SDI Sabilina diantara nya kelas 1 lomba cerita bergambar, kelas 2 lomba membuat komik tema liburan, kelas 3 lomba poster literasi, kelas 4 lomba mading sumpah pemuda, kelas 5 lomba mading sejarah bahasa Indonesia, kelas 6 lomba kreasi puisi dan pantung, yang menjadikan kegiatan semakin seru dan siswa siswi bersemangat dalam mengikuti semua kegiatan.

Tidak hanya kegiatan lomba, para guru pun memberikan kegiatan edukasi untuk para siswa siswi yaitu dengan nobar sejarah bahasa Indonesia sebagai pembelajaran terhadap siswa siswi akan sejarah terbentuk nya bahasa Indonesia dan seberapa pentingnya bahasa Indonesia bagi masyarakat Indonesia terutama pada siswa siswi yang akan menjadi penerus generasi-generasi sebelumnyauntuk menjadikan bangsa Indonesia sebagai negara yang lebih baik.

Sebagai penutup kegiatan bulan bahasa, terdapat pameran karya siswa siswi yang dapat di lihat dan dinikmati oleh para guru dan wali murid sebagai bentuk pelatihan kepada siswa siswi tentang karya seni.

Demikianlah kegiatan bulan bahasa SDI Sabilina dengan tujuan mengembangkan paea siswa siswi akan penting nya bahasa Indonesia bagi mereka masyarakat dan penerus bangsa nanti agar negara Indonesia menjadi negara yang lebih maju dengan para penerus pemuda yang berakhlak budi perkerti yang baik.

Penulis: Intan Noor Rahmasari S.Pd

                                                                                                           

 

Komentar


Tinggalkan Komentar Anda

Email anda tidak akan dipublikasikan. Email aktif tetap wajib diisi